Tips Menghadapi Ujian Nasional

Tinggal menghitung hari, jam berganti jam, menit berganti menit dan detik berganti detik untuk menghadapi ujian akhir nasional tahun ini, ujian adalah salah satu standarisasi untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa atau mahasiswa dalam memahami dan menguasai suatu pelajaran. Momok gagal atau kegagalan dalam menghadapi ujian pada akhirnya menjadi pemicu dan bumerang bagi peserta ujian sehingga takut, gugup dan gagal dalam menghadapi ujian. Oleh karenanya harus diantisipasi dari sejak awal untuk menghadapinya. Tips berikut ini mudah-mudahan dapat membantu anda dalam menghadapi ujian, semoga bermanfaat:
* Santai
Hal pertama yang harus dilakukan adalah santai, karena dengan keadaan santai tubuh dan otak kita menjadi lebih rileks hingga lepas dari ketegangan sehingga pikiran kita memiliki respon yang baik
* Agendakan Belajar dan Persiapkanlah Lebih Awal
Mempersiapkan sesuatu lebih awal itu menjadikan diri kita siap untuk mengerjakannya, ada sebuah pepatah yang mengatakan "Persiapan Matang Hasil Akan Maksimal" maka untuk itu siapkan diri untuk mengagendakan dan mempelajari pelajaran, membuka kembali catatan-catatan yang terdahulu sehingga kita lebih mengerti.
* Lihat Kembali Tugas-tugas dan ulangan sebelumnya
Lihatlah kembali tugas-tugas dan ulangan-ulangan sebelumnya karena merupakan proses belajar. Lihat kembali dimana kalian melakukan sebuah kesalahan dan carilah jawaban yang benar. Siapa tahu apabila soal tersebut termasuk dalam soal yang diujikan, kalian sudah siap untuk menyelesaikannya dengan benar.
* Ikuti Bimbingan Belajar dan Buatlah Kelompok Belajar
Dengan mengikuti bimbingan belajar, kita dapat memantapkan mata-mata pelajaran yang diajarkan di sekolah serta apabila kalian tidak mengerti, kalian dapat menanyakannya pada guru bimbingan belajar tersebut. Dengan belajar berkelompok kalian dapat bertukar pikiran untuk membahas pelajaran yang kurang dimengerti atau sulit. Tetapi pastikan bahwa saat belajar bersama, kalian memang memakai waktu tersebut untuk belajar.
* Jaga Kesehatan dan Persiapkan Fisik
Konsumsilah makanan yang bergizi yang mengandung 4 sehat 5 sempurna, jangan makan makanan sembarangan. Intinya, kita harus menjaga kesehatan tubuh agar kesehatan kita tetap prima sehingga akhirnya kita dapat menyelesaikan ujian atau ulangan umum dengan baik.
* Konsentarasi, PeDe dan cooL
Konsentrasilah sebelum memulai dan bacalah do'a. Yakinkan diri bila sudah siap tempur dan dapat mengerjakan ujian dengan baik. Tenang dan percaya diri. Katakanlah Bahwak aku bisa.
* Perhatikan Ketentaun dan Peraturan
* Jawablah soal-soal ujian dengan taktis
Mulailah dengan menjawab pertanyaan mudah yang diketahui, kemudian dengan soal-soal yang memiliki nilai tertinggi. Pertanyaan terakhir yang dikerjakan adalah soal paling sulit, soal yang membutuhkan waktu yang lama untuk menulis jawabannya dan soal-soal yang memiliki nilai terkecil. Kerjakan soal dengan lebih teliti
* Sisakan waktu 10 menit untuk mengecek dan memeriksa jawaban anda

0 komentar: