Keajaiban Dibutuhkan Timnas Indonesia U-23


Alfred Riedl sang pelatih Timnas Garuda U-23 mengakui kelemahan besutannya dan mengevaluasi langkah permainan selanjutnya. Tim Merah Putih membutuhkan keajaiban agar bisa bertahan dan melanjutkan Pra-Olimpiade 2012 di london (Inggris) saat menghadapi Turkmenistan dalam pertandingan leg kedua.

Kekalahan di leg pertama membuat langkah Indonesia sangat berat. Riedl mengatakan "Tim Merah Putih harus meraih kemenangan mutlak dengan tiga gol tanpa balas saat berlaga pada tanggal 9 Maret 2011 di Ashgabat."

“Untuk menang di sana dibutuhkan sebuah keajaiban. Kita tidak hanya menghadapi 11 pemain di atas lapangan, tapi juga cuaca yang sangat dingin. Di sana diperkirakan temperatur mencapai lima derajat celcius,” ungkap Riedl.

Tapi kami tidak akan menyerah begitu saja. Saya menilai penampilan pemain sudah bagus di pertandingan kemarin, tapi mereka masih melakukan kesalahan individu. Faktor ketahanan fisik juga berpengaruh.”

Saat ini Timnas Garuda U-23 sudah memulai kembali latihannya hari ini. Riedl mengatakan, kemungkinan akan ada perubahan komposisi pemain yang dibawa ke Turkmenistan. Namun ia belum mau mengungkapkan siapa saja yang masuk ke dalam tim.

“Nantinya saya akan membawa 20 pemain ke Turkmenistan. Jumlah ini terdiri dari 18 pemain yang terdaftar untuk pertandingan itu, dan dua pemain tambahan. Ini sebagai jaga-jaga kalau ada pemain yang cedera atau sakit,” kata Riedl.

Selain itu Wolfgang Pikal mengatakan "Rencananya kami akan berangkat (ke Turkmenistan) lebih awal, sekitar hari Jumat atau empat, lima hari sebelum pertandingan," dikutip dari situs resmi PSSI.

Memang dalam ramalan cuaca per 27 Februari 2011, Turkmenistan akan mengalami suhu minimal 0 derajat Celsius dan suhu maksimal 5 derajat Celsius hingga satu pekan ke depan. Suhu ini akan bertambah berat buat pasukan Indonesia karena diprediksi akan disertai hujan atau salju.

Kendala cuaca seperti ini pernah dialami timnas U16 saat berlaga di AFC U16 Championship 2010 Uzbekistan. Suhu saat itu mendekati 0 derajat Celsius.Semoga di leg kedua Timnas Indonesia meraih kemenangan.

0 komentar: