7 Ilmuwan Islam Ternama

Haii gan pie kabare? kali ini ana iseng nie karena gak ada topik untuk di tulis, dan kebetelulan ana nonton youtube tentang ilmuan besar yang berpengaruh pada jaman keemasan islam. Dan hingga kini pengetahuan itu masih dipergunakan, Diantaranya;
1. Al Khawarizmi (780-846 M) ahli imu Matematika, Astronomi, Asrologi, Geografi yang berasal dari Persia. Hampir seluruh hidupnya diabadikan di Universitas kehormatan di bagdad. Buku pertama yang dikarangnya adalah Al Zabar buku yang pertama yang membahas solusi sistematik linear dan notasi kuadrat. Sehingga ia disebut bapak Al Jabar.

2. Abu Ali Husaen Bin Adilah Bin Hasan Bin Ali Bin Sina (950-1037 M) yang dikenal dengan sebutan Ibnu Sina (Avicena) yang menguasai ilmu Hikmah, Mantik dan Matematika dengan berbagai cabangnya, merupakan Ilmuwan Islam yang berpengaruh, semasa hidupnya ibnu misna menyibukan diri dengan menulis kitab, diantaranya buku yang ditulis adalh As Syifa dalam filsafat, dan Autanum dalam ilmu kedokteran yang dikenal sepanjang masa yang membahas mantik, matematika, ilmu alam. Ibnu Sina pun menulis tentang ilmu perbintangan. Dalam ilmu energi ibnu sina pun menulis tentang ruangan hampa, cahaya dan panas kepada khasanah keilmuan dunia.

3. Jabir Ibnu Hayyan (750-803 M) Irak. Seorang ilmuan yang ahli dibidang kimia, farmasi, fisika, filosofi, dan astronomi. Jabir Ibnu Hayyan lah yang menemukan asam klorida, asam nikrat, asam sitrat, asam asetat, teknik intilasi dan teknik kristalisasi. Selain itu Jabir Ibnu Hayyan juga menemukan larutan akuaregian yaitu dengan menggabungkan asam klori dan asam nikrat untuk melarutkan emas. Ia juga mampu mengaplikasikan pengetahuan dibidang kimia dalam proses pembuatan besi dan logam serta pencegahan karat. Dan dialah yang mengaplikasikan mangan dioksida yang pertama dalm pembuatan gelas kaca.

4. Al Biruni(973-1048 M) dari Persia. Al biruni adalah ilmuan yang spektakuler, ia mampu memadukan ilmu pengetahuan dengan teknologi dengan humaniora secara komperensif dan integral. Al Biruni mengauasi ilmu astronomi, geologi, matematika, filsafat, geografi, fisika, antropologi, sejarah, farmasi dan kedokteran. dan diapun menaguasai berbagai bahasa.

5. Abu Al Zahrawi (936-1013 M) Ilmuwan muslim yang berasal dari andalusia (Spanyol). Seorang Dokter ahli dibidang ilmu bedah, ia penemu pengobatan patah tulang yang menggunakan gif, Dan salah satu yang fonumental adalah kitab Al Tasrif tentang kumpulan obat penyembuhan setelah pengobatan oprasi yang sekarang telah diterjemahkan kedalam berbagai bahasa.

6. Ibnu Haitham (965-1039 M)Irak. Yang disebut sebagai bapak ilmu Optik dunia, yang telah mengurai kerja mata mencerna pernampakan objek. Nama ilmuwan ini adalah Abu Al Muhamad Al Hasan Ibnu Al Haitham. Dia adalah Ilmuawan ahli ilmu sains, falak, matematika, geometri, pengobatan dan filsafat. Dan dia juga melakukan penelitian tentang cahaya dalam menciptakan teleskop dan microskop.


7. Ar Razi (564-930M) Iran. Merupakan pakar sains yang telah mempelajari ilmu filsafat, kimia, matematika dan kesastraan. Al Razi adalah dokter ternama dibagdad dan ilmuwan serba bisa dalam segala bidang. Ia juga ilmuwan pertama yang mengungkap penyakit cacat, alergi asma, dan ilmuwan pertama yang menjelaskan demam sebagai mekanisme tubuh untuk melindungi diri.

Itulah gan yang ana tulis tentang 7 Ilmuwan Islam ternama yang hampir dilupakan, bahkan oleh orang islam sendiri.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

http://www.rumandmonkey.com/widgets/toys/namegen/721/